Mei 16, 2022

Perceka Art Centre Raih Anugerah Warisan Indonesia

Sebagai pelestari seni, sosok Bah Tatang Setiadi sudah tak asing lagi bagi kalangan masyarakat Cianjur. Ia dikenal sebagai seorang seniman yang konsisten melakukan pembinaan seni. Melalui Perceka Art Center, Bah Tatang telah berhasil membidani lahirnya para pelaku seni budaya yang berprestasi. Berkat konsistensinya melakukan pembinaan, ia telah berhasil meraih beragam penghargaan, baik dari tingkat daerah, nasional, maupun internasional.

Salah satu pengharaan yang Bah Tatang peroleh di tahun 2021 adalah Anugerah Warisan Indonesia dari Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi Balai Pelestarian Nilai Budaya Jawa Barat. Penghargaan tersebut dianugerahkan atas dasar partisipasinya dalam program Warisan Indonesia BPNB Jawa Barat Season 1. Selain menampilkan sajian Tembang Sunda Cianjuran /Mamaos Cianjuran, Bah Tatang juga menjadi salah satu narasumber dalam Program Warisan Indonesia sebagai maerstro/tokoh seniman Cianjur.

Alih-alih mengartikulasikan deskripsi seni mamaos Cianjuran, Bah Tatang juga menerangkan terkait nilai dan makna seni mamaos cianjuran kepada tim Warisan Indonesia. Sehingga selain di muat dalam tayangan Warisan Indonesia, informasi yang diterangkan oleh Bah Tatang juga dimuat dalam artikel yang diterbitkan secara online oleh Inspira TV.

Tatang Setiadi, Ketua Yayasan Perceka Art Centre

Tak hanya itu, Bah Tatang juga menjadi penutur dalam tradisi lisan tentang situs gunung padang sekaligus pemandu jalannya rekonstruksi ritus seka banda. Secara tartil bah Tatang menuntun setiap tahapan pada acara rekonstruksi ritus seka banda, dan tak ketinggalan setiap maknanya dikupas tuntas oleh bah tatang.

Pihak BPNB Jawa Barat pun menghaturkan apresiasi yang setinggi-tingginya kepada Bah Tatang atas keterlibatan dalam program Warisan Indonesia. Selesai program Warisan Indonesia 2021 tersebut, Bah Tatang pun mendapatkan Fasilitasi Bidang Nilai Budaya untuk pendokumentasian karya maestri dari BPNB Jawa Barat.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.