Sanggar Seni Percéka

Sanggar Seni Percéka

Sanggar Seni Percéka berdiri sejak tahun 1990 dan menjadi unit pelaksana teknis kegiatan pembinaan dan pelatihan seni Yayasan Percéka Art Centre. Programnya yaitu pelatihan seni tradisi Sunda dengan sasaran anak-anak, dan para remaja.

Bidang Garapan :

1. Pelatihan tari tradisional Sunda (klasik & modern)

Secara historis bidang garapan tari merupakan bidang yang paling lama digeluti oleh Percéka dan terus berjalan hingga sekarang. Konsistensi dan eksistensi Percéka dirasakan membawa dampak positif terhadap perkembangan masyarakat tari (tradisional Sunda) di Cianjur khususnya dan Jawa barat pada umumnya. Dari awal perjalannya hingga kini, jumlah peserta dan alumni Percéka telah mencapai ribuan serta telah dipercaya untuk mengisi berbagai event baik di tingkat lokal maupun internasional.

Adapun tenaga instruktur tari merupakan orang yang telah mengenyam pendidikan tari dan cukup berpengalaman. Saat ini instruktur tari di Sanggar Seni Percéka berjumlah 10 orang dan konsisten dalam mengamalkan ilmunya kepada peserta pelatihan.

Jadwal latihan

Hari : Senin & Kamis
Waktu : 14.00 s/d 17.00
Tempat : Sanggar Seni Perceka
Peserta :
a. anak-anak
b. pelajar dan remaja
c. umum

Pendaftaran

Pendaftaran dapat dilakukan dengan cara datang langsung pada jadwal yang telah ditentukan, atau kontak kami.

Selain eksis dalam pembinaan dan pengembangan tari tradisional Sunda, Sanggar Seni Percéka dengan bimbingan Bpk. Tatang Setiadi telah membuat beberapa karya tari yang menjadi kebanggaan masyarakat Cianjur di antaranya;
a) Tari Arumampes Katon (Tari Selamat Datang), Tahun 1992
b) Tari Nyalawèna, Tahun 1993
c) Tari Purbasari, Tahun 1994
d) Tari Adipura, Tahun 1995
e) Tari Kuda Kosong, Tahun 1996
f) Tari Pelung Manggung, 2003
g) Tari Pelung Nyungsung, 2006

Dokumentasi

2. Pelatihan Karawitan (sekar-gending)

Hingga saat ini kegiatan pelatihan karawitan (musik tradisional Sunda) di sanggar seni Percéka mendapat tempat di berbagai kalangan. Dari hasil binaan tersebut, kerap kali dipercaya menjadi utusan dalam kegiatan seni karawitan (sekar/gending/sekar-gending) baik berupa pasanggiri (lomba) maupun tampilan khusus (pergelaran).
Jenis pelatihan karawitan yang dilakukan di sanggar seni Percéka diantaranya :
– Pelatihan Kacapi
– Pelatihan Gamelan
– Pelatihan Kawih
– Pelatihan Tembang

Instruktur dalam bidang ini merupakan orang yang ahli di bidangnya dengan jumlah instruktur sebanyak 5 (lima) orang. Beberapa di antaranya merupakan orang perbengalaman dalam bidang karawitan di Cianjur khususnya dalam bidang kacapi tembang Cianjuran.

Jadwal latihan
Hari : Senin, Kamis, Sabtu & Minggu
Waktu :
a. Senin : 13.00-15.00 WIB
b. Kamis : 13.00-15.00 WIB
c. Sabtu : 16.00-18.00 WIB
d. Minggu : 09.00-11.00 WIB
Peserta :
a. anak-anak
b. pelajar dan remaja
c. umum
Tempat : Sanggar Seni Percéka, Jl. Suroso No. 58

Pendaftaran

Pendaftaran dapat dilakukan dengan cara datang langsung pada jadwal yang telah ditentukan, atau kontak kami.

Dokumentasi

3. Sastra Sunda (penulisan, penyajian sajak, biantara, dongéng dll.)

Hasil binaan Sanggar Seni Percéka dalam bidang ini telah meraih berbagai prestasi, antara lain;
a) juara mendongeng kategori SMP&SMA tingkat Jabar, 2006
b) juara baca sajak (Sunda) kategori umum tingkat Jabar, 2007
c) juara mendongeng kategori dewasa tingkat Jabar, 2008
d) masuk nominasi penulisan sajak Sunda Se-jabar, 2009
e) juara biantara (pidato berbahasa Sunda) se-wilayah Bogor, 2009

4. Drama bahasa Sunda dan Sejenisnya

Adapun hasil binaannya merupakan bagian dari tim peraih prestasi di pasanggiri Drama Sunda Kiwari pada tahun 1990 dan 1994 tingkat Jabar-Banten. Juga salah satu peraih nominasi Festival Purna Drama tingkat Jabar pada tahun 2007.

Dokumentasi

Untuk bidang sastra dan drama Sunda, tempat pembinaan difokuskan di Sanggar Seni Percéka.

21 Replies to “Sanggar Seni Percéka”

  1. Maaf saya mau tanya, saya orang bru d daerah cianjur,,, klo k jln suroso dari jln peritis kemerdkaan ( graha pratama ) k sbelah mna? Klo naek kndaraan umum jurusannya pa n turun d mna? Makash

  2. Upami Sastra Sunda pelatihanna dinten naon wae? Simkuring hoyong ngiringan pelatihanna. Simkuring resep nulis, hoyong tiasa nulis tentang Kebudayaan Sunda. Hatur nuhun.

  3. Assalamu’alaikum,
    Simkuring hoyong pisan ngiringan pelatihan karawitan, nanging dina Dinten Minggu teh kuliah ti enjing dugikan sonten. Kumaha tah? manawi aya bongbolongan.

    1. Waalaikumsalam,
      Mangga tiasa, margi aya oge jadwal unggal dinten senen sareng kemis sonten.
      Supados langkung jelas deui, mangga sumping heula ka sanggar we, diantos.
      nuhun.

  4. sim kuring gaduh murangkalih nu sok latihan nari di Perceka , sakali-kali sok dipraktekkeun di rorompok, mung saurna teh rada sesah cenah, upami teu ngangge lagu pengiringna mah.
    Tah kumaha pami di rohangan ieu nyayogikeun, supados tiasa di-download. Hatur nuhun

    1. nuhun mang_asep, perkawis musik pengiring téh teu tiasa kitu baé dipasang dina internét margi kedah ngémutan deui perkawis hak cipta (royalti) ka nu ngadamel/produsén éta gending tari. Anu mawi bilih peryogi mah langsung baé sumping ka Sanggar Perceka atanapi tiasa ngontak baé. Di Sanggar sayagi rupi-rupi CD/kaset gending pengiring tari.

  5. aslamualaikum,,
    saya ade riyanto mahasiswa seni musik dari universtas negeri senarang, sayang kepengen sekali belajar ksenian sunda, khususnya musik sunda, saya pengen banget bisa maen kcapi, tapi jarak semarang-cianjur kan jauh, kumaha atuh??

    1. Waalaikumsalam.
      Terima kasih telah menjadi aprésiator seni tradisi Sunda, saudara Adé. Untuk pembelajaran kacapi jarak jauh sepertinya sudah ada via internét bisa dilihat di sini . Untuk pembelajaran secara mandiri, lebih baik punya kacapinya terlebih dahulu agar bisa langsung prakték. Kalau perlu, kami bisa kirimkan kacapi pesanan saudara (katalog bisa dilihat disini).
      Dalam beberapa bulan ke depan, Percéka akan mengadakan kunjungan ke beberapa daerah di Jawa dan Bali, mungkin nanti bisa berjumpa di Semarang atau sekitarnya.

  6. punten…saya sangat berminat untuk mempelajari kacapi..tapi tempat tinggal saya di ciputat,tangerang…mohon saran dimana saya bisa belajar kacapi yang lebih dekat dengan tempat tinggal saya, misalnya didaerah bogor…terimakasih

    1. kami memiliki sanggar cabang di daerah Bogor bernama “Saung Gunara”, tepatnya di daerah Vila Citra, Bantarjati. Bila berminat, silahkan hubungi pengelola “Saung Gunara”, di facebook Agung Gunara. untuk pelatihan dilaksanakan seminggu sekali dan mohon kalau bisa silahkan untuk mengajak rekan lainnya untuk berekspresi bersama. instruktur didatangkan langsung dari Sanggar Seni Perceka Cianjur.

  7. balasan dari Pimpinan Sanggar :
    Mangga..!terima kasih atas kesamaan persepsi ttg nilai-nilai Budaya warisan yg luhur.Gondang adalah warisan kaum agraris di Indonesia dgn properti utama “Lesung” yg sangat bernilai untuk kehidupan Manusia bahkan Mr.Kursah seorang Bp instrumentalia dunia dari Inggris menyebutkan bahwa,menurutnya sumber musik dunia berasal dari “tingtung tutunggulan gondang” untuk lebih panjang nanti kita bisa disambung lagi. Terima kasih

    ttd.
    Tatang Setiadi

  8. Muhun Punten! saya sebagai sesama pemerhati dan instruksi sanggar seni gondang di Toba Samosir sudah waktunya Seni itu jangan lagi berada di tempat yang diam tidak mengalir, mari kita bagi pengalaman tentang pelestarian warisan yang tak ternilai. contact me at gonciyas@yahoo.com

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *