September 25, 2020

Tatang Setiadi Terima Penghargaan Sastra Rancage

CIANJUR-Ketua Sanggar Perceka Tatang Setiadi (52) menerima penghargaan bergengsi Sastra Rancage dari Yayasan Rancage yang dipimpin budayawan kondang Ajip Rosidi, Kamis (24/5) lalu di aula Universitas Negeri Semarang (Unnes) Jawa Tengah.

Ayah tiga anak ini mendapat hadiah Rancage “ Samsudi” yaitu katagori dongeng anak yang berjudul “ Asal Usul Hayam Pelung Jeung Dongeng-dongeng Cianjur Lianna “.

Hadiah tersebut merupakan pertamakalinya bagi warga Cianjur. Selain Tatang Setiadi, beberapa sastrawan lainnya juga menerima penghargaan Rancage yaitu Acep Zamzam Noor untuk kumpulan puisi berjudul “ Pangguneman “.

Sedangkan sastrawati Eti R.S menerima hadiah Jasa karena kiprahnya selama ini dalam sastra Sunda. Untuk sastra Jawa diterima Yusuf Susilo Hartono Pengurus PWI Pusat untuk kumpula puisi Jawa berjudul “ Ombak Wengi”.

Sedangkan untuk hadiah Jasa diterima Sucipto Hadi Purnomo dosen Unnes yang juga kolomnis surat kabar Suara Merdeka. Dari Bali diterima oleh Komang Adiyana untuk kumpulan cerpenya, sedangkan untuk jasa diterima I Made Sugiyanto.

“ Ini merupakan penghargaan bukan bagi saya khususnya, tapi bagi seluruh warga Cianjur, karena saya mengangkat dongeng yang ada di Cianjur,” kata Tatang yang ditemui di rumahnya Jalan Suroso depan Polres Cianjur.

Dia berharap, dongeng yang telah dikarang, kedepannya dapat diperbanyak untuk para pelajar, khususnya para pelajar sekolah dasar.

Dan hal ini, sudah ada dukungan dari Kepala Dinas Pendidikan Cianjur dan Ketua PWI Cianjur. Dia memaparkan, rencananya uang pembinaan dari yayasan Rancage Rp.5 juta yang diterimanya akan digunakan untuk acara bedah buku yang akan digelar bulan depan di Bale Seni Cianjur.  (den)

Short URL: http://radarsukabumi.com/?p=12779

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *