September 25, 2020

Saresehan dan Diklat Seni Tari & Karawitan Sunda

Bale Seni Cianjur yang berada di Jalan Suroso No. 46 menjadi tempat terselenggaranya kegiatan Saresehan dan Workshop Seni Tari & Karawitan pada tanggal 18-20 Desember 2011. Kegiatan ini merupakan program Rintisan Belajar Bersama Perceka sebagai sarana silaturahmi antar lembaga penerima program RB3 dari Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan.

Beberapa pembicara yang diundang untuk mengisi materi dalam kegiatan ini antara lain Irawati Durban Ardjo (Tokoh Seni Tari Sunda), Nana Munajat (Karawitan), E. Nani Supriatna (Mamaos Cianjuran), H. Aziz (Maenpo) dan Andri Kartanegara sebagai perwakilan dari Dewan Kesenian Cianjur.

Kegiatan dibagi menjadi tiga sesi dalam tiga hari. Hari pertama yaitu pembukaan yang dihadiri langsung oleh pihak kementrian Pendidikan Kebudayaan yaitu Elih Sudiapermana sekaligus membuka kegiatan saresehan dan workshop secara resmi.

Hari kedua dilaksanakan pelatihan seni tari dengan pemateri tim instruktur dari Pusbitari Dance Company (Bandung) pimpinan Irawati Durban Ardjo. Seluruh perwakilan lembaga RB3 yang menghadiri kegiatan ini larut dalam aktifitas pelatihan bersama dengan warga belajar Perceka Art Centre sehingga suasana belajar bersama sangat terasa berbaur dalam kehangatan suasana kebersamaan.

hari ketiga dilaksanakan workshop seni mamaos (Tembang Cianjuran) dan Maenpo (bladiri khas Cianjur) dalam dua sesi. pelatihan ini dilaksanakan secara mendasar sehingga diharpkan para peserta kegiatan dapat memahami kedua jenis seni tradisi khas Cianjur ini

Harapan utama dari diselenggarakannya kegiatan ini adalah transofmasi kebudayaan antar sesama warga belajar dan lembaga penerima RB3 sehingga dapat menciptakan belajar bersama tanpa terbatasi oleh ruang dan lingkungan sosial. [iNs]

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *