Juni 4, 2020

Pameran Kursus & Pelatihan Tingkat Nasional 2011

Setelah pelaksanaan pameran Acara Puncak Peringatan Hari Aksara Internasional di Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan di jakarta, Perceka diundang kembali untuk mengisi stan pameran dalam acara Pameran Kursus dan Pelatihan Tingkat Nasional 2011 di Taman Pintar-Yogyakarta pada 27-30 Oktober 2011. Kali ini Perceka diikut sertakan bersama LKP Nuri untuk mengisi hiburan khas Cianjur yaitu seni kacapi-tembang Cianjuran.

Kegiatan yang berlangsung selama empat hari tersebut berjalan dengan lancar dan baik. Setiap stan diisi oleh lembaga kursus dan pelatihan dari seluruh Indonesia dengan menampilkan dan menawarkan produk jasa unggulan dari masing-masing daerah. Adapun dari perwakilan Cianjur yaitu menawarkan produk jasa perawatan kecantikan dan tubuh yang dibawa oleh LKP Nuri Cianjur.
Nuansa Cianjur begitu terasa dengan sajian konser mini kacapi-suling Cianjuran live sehingga cukup dapat menarik perhatian para pangunjung untuk menjajaki produk jasa yang ditawarkan di stan perwakilan Cianjur. Pangunjung dapat merasakan pijat refleksi gratis, mencoba aroma terapi gratis dan mendapatkan berbagai keterangan mbermanfaat seputar perawatan kecantikan dan tubuh. Selain itu para pangunjung juga dapat berdiskusi tentang kesenian Sunda dan kebudayaan Sunda pada umumnya dari penyaji Perceka Art Centre.


Pada hari-hari terakhir, stan Cianjur semakin banyak dikunjungi terutama saat digelar sesi workshop mini tentang kacapi. Para remaja yang berkunjung ke stan cukup tertarik rasa kepenasarannya untuk mencoba memainkan alat musik kacapi yang telah dimodifikasi menjadi kacapi bertangganada diatonis. Mereka bahkan ikut bernyanyi lagu-lagu modern barat dengan menggunakan iringan kacapi. Hal ininal yang diharapkan sebagai media pengikat persaudaraan, mempererat tali silaturahmi antar daerah sehingga tercipta rasa kebersamaan dan saling menghargai.

Pada akhir acara, dimumkan pemenang pameran Kursus dan Pelatihan Tingkat Nasional 2011. Stan LKP Nuri dan Perceka sebagai perwakilan dari Kabupaten Cianjur mendapat juara 3 tingkat nasional atas perolehan pengunjung ke-3 terbanyak selama kegiatan pameran berlangsung. [iNs]

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *