September 26, 2020

Cianjur Gelar Festival Jangari di Danau Cirata

Rabu, 07 April 2010 | 17:37 WIB

(Vibizdaily-Sosbud), Atraksi seni budaya lokal terbesar diadakan di Kabupaten Cianjur, Jawa Barat tepatnya di Danau Cirata yang belokasi di kawasan obyek wisata jangari, Desa Bobojong, Kecamatan Mande, Cianjur pada hari Minggu tanggal 1 April 2010 yang lalu.

Atraksi dikemas dalam Festival Jangari, yang merupakan kerjasama antara Sanggar Perceka Cianjur dengan pemerintah daerah setempat. Menurut Sekretaris Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kabupaten Cianjur, Drs. H. Adang Subagja, MM sejumlah seniman baik yang berasal dari asli Cianjur dan dari luar daerah sudah diundang dan berharap semua yang terlibat dapat memeriahkan Festival Jangari ini untuk mempromosikan kepariwisataan Cianjur khususnya Danau Cirata.

Tatang Setiadi selaku pimpinan Sanggar Perceka Cianjur mengungkapkan tema dari festival ini adalah ” Ngalokat Cai Sangkan Suci, Ngaruwat Lemah Malar Waluya “.

Sejumlah seniman akan hadir sebutlah macam, Acep Zamzam Noor, Etty RS, Aom Kusman, Tisna Sandjaja, KH Maman Imanulhaq, dan I Made Budyana. Antusiasme para seniman tersebut untuk tampil di festival ini disebabkan karena sarat dengan pelestarian budaya khususnya budaya Sunda serta adanya pesan kepedulian pelestarian lingkungan.

Salah satu ritual yang akan dilakukan dalam menyangkut tentang upaya menjaga kelestarian lingkungan Danau Cirata adalah dilakukannya ritual Ngalukat Situ Jangari.

Festival Jangari ini akan diharapkan akan menjadi agenda tahunan Dinas Kebudayaan dan Pariwisata setempat. Sebab manfaatnya bukan hanya untuk pelestarian seni budaya tetapi juga pengembangan kepariwisataan daerah.

(rl/RL/vbd)

http://www.vibizdaily.com/

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *