Juni 6, 2020

Ujian Tari Tingkat Dasar se-Kabupaten Cianjur

Ujian Tari Tingkat Dasar se-Kabupaten Cianjur yang diselenggarakan oleh Komite Tari Dewan Kesenian Cianjur, telah dilaksanakan kemarin (27/12). Kegiatan ini merupakan agenda akhir tahun yang telah diprogramkan secara rutin dalam rangka membina generasi muda Cianjur khususnya dalam bidang tari tradisional sunda. Peserta yang mengikuti ujian kali ini berjumlah 59 orang dan telah mengikuti program pelatihan yang dilaksanakan secara rutin setiap dua minggu sekali di Bale Seni Cianjur. Kegiatan pelatihan rutin tersebut sebenarnya diikuti lebih dari 100 orang anggota, hanya saja dalam kegiatan ujian tari kali ini tidak semua dapat mengikuti ujian.

Para anggota pelatihan tari tersebut umumnya anak-anak dan remaja, dari TK hingga mahasiswa, semuanya mendapatkan porsi program pelatian berdasarkan kurikulum tari yang telah disediakan. Adapun pelaksanaan ujian tari tingkat dasar ini dilaksanakan dengan dukungan Sanggar Seni Perceka sebagai pelaksana teknis di lapangan.

Tim penilai yang dihadirkan oleh panitia cukup berkompeten dalam bidang tari tradisi Sunda diantaranya Tatang Setiadi (ketua Komite Tari DKC), Subarna, S.Pd. (Guru Seni Sekolah Menengah) dan Tantri Febrianti (mahasiswa tingkat akhir jurusan seni tari UPI Bandung). Hasil dari kegiatan tersbut diarapkan dapat lebih memacu dan memotivasi para peserta pelatihan tari untuk lebih meningkatkan kemampuan dalam bidang tari baik secara teori maupun praktisi. Selai itu, diharapkan pula sertifikat yang telah diperoleh dengan proses yang panjang ini (proses latian) dapat digunakan untuk menunjang peserta didik dalam prestasi berkesenian, khusunya di Cianjur. **iNs

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *