November 1, 2020

Peuting panineungan Wisudawan Jurusan Bahasa & Sastra Sunda UPI

Penampilan rampak kacapi “Seuweu Perceka” Cianjur menjadi penampilan pembuka dalam acara Peuting Panineungan (Malam Pelepasan) Wisudawan Jurusan Bahasa & Sastra Sunda UPI telah dilaksanakan kemarin (14/12) di Gedung pusat Kegitan Mahasiswa. Dengan membawakan lagu bubuka dilanjutkan dengan lagu-lagu dari berbagai genre dikemas dengan aransemen yang unik. Penampilan Seuweu Perceka merupakan salah satu bentuk dukungan terhadap acara tersebut sebagai “pakaulan” yang dipersembahkan kepada para wisudawan. Rangkaian acara selanjutnya diisi oleh penampilan dongeng Sunda (monolog) kemudian dilanjutkan dengan penampilan Jaipong berpasangan. Penampilan kreatif teater Sambada dari Himpunan Mahasiswa Pendidikan Bahasa dan Sastra Sunda menjadi suguhan yang unik dengan kemasan longsér yaitu teater tradisional daerah Sunda yang menarik, membawa pesan moral terhadap berlangsungnya ujian CPNS. Acara ditutup dengan penampilan electone sehingga para penonton dapat larut berkespresi.

Rangkaian acara ini merupakan agenda rutin setiap sebelum wisuda dilaksanakan sebagai simbol pelepasan dan tasyakuran mahasiswa tingkat akhir yang akan melaksanakan wisuda keesokan harinya (wisuda dilaksanakan pada 16/12). Acara ini dihadiri oleh ketua Jurusan dan Sekretaris Jurusan Pendidikan Bahasa & Sastra Sunda UPI yang sekaligus dalam sambutannya secara simbolis melepas para calon wisudawan. Harapan dari pihak jurusan yaitu para lulusan jurusan ini dapat menjalankan dan mengamalkan hasil pendidikannya selama di UPI dengan baik. Adapun jumlah wisudawan dari Jurusan Pendidikan Bahasa & Sastra Sunda berjumlah 31 orang dengan kriteria nilai “baik”. Semoga dengan lulusnya para mahasiswa tingkat akhir pada gelombang ke-3 wisuda kali ini dapat menambah motivasi kepada adik-adik tingkatnya. Selamat kepada para wisudawan. **iNs

4 thoughts on “Peuting panineungan Wisudawan Jurusan Bahasa & Sastra Sunda UPI

  1. Ass Wr Wb.

    Apakah ada yang bisa menolong saya. Untuk mendapatkan No tlp atau HP/ e-mail dari Bapak Dingding Haerudin . Karena saya sangat memerlukan buku yang kalau tidak salah ditulis oleh beliu yaitu yaitu “GENTRA” buku pelajaran bahasa Sunda untuk tingkat SMA/SMK kelas X, XI, XII. Jika tidak salah penerbitnya CV. ATIKAN MANDIRI. Saya sudah berusaha mencari alamat CV. ATIKAN MANDIRI di dunia maya (searching), maupun menghubungi kantor PT.TELKOM dan para sales buku, tetapi hasilnya nihil.

    Ada yang bisa tolong enggak ?
    Terimakasih atas bantuanya

    Wss Wr WB

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *